7 Cara Menghemat Pengeluaran Harian Rumah Tangga

Mengatur keuangan kini menjadi hal yang sangat penting. Seseorang dituntut untuk bisa sehemat mungkin mengingat kini pendapat kian mengecil akibat dampak pandemik virus corona ini. Apabila tidak mencoba berhemat, persoalan keuangan akan mengganggu kehidupan kita, termasuk akan merusak mood kamu.
Nah, sebenarnya berhemat bukanlah hal yang susah. Pengeluaran pun tidak akan banyak apabila kamu bisa lebih mengatur pola belanda dan gaya hidup. Bagaimana caranya ya? Nah coba ikuti tips berhemat ketat yang telah dirangkum di bawah ini!

1. Memasak di rumah

Salah satu kebiasaan yang bikin boros itu sering makan di luar rumah. Misalnya kamu makan di mall, restoran, atau depot favoritmu setiap hari. Coba deh biasakan diri untuk memasak di rumah. Pasti akan lebih hemat! Harga bahan memasak pun lebih murah dibanding seporsi makanan di luar lho.

2. Belanja di pasar tradisional

Kalau sudah membiasakan diri untuk memasak di rumah, maka biasakan pula berbelanja bahan-bahannya di pasar tradisional. Harganya lebih terjangkau dan kamu masih bisa tawar menawar dengan pedagangnya. Bahan-bahan di pasar modern atau supermarket jauh lebih mahal dan tak bisa ditawar.

Tapi di saat pandemik COVID-19 seperti ini, kamu harus benar-benar menjalankan protokol kesehatan kalau kamu mau ke pasar tradisional ya. Soalnya sudah banyak kasus penularan akibat orang-orang di pasar yang gak hati-hati dan mengabaikan aturan jaga jarak.

3. Membawa bekal dan air minum dari rumah

Kalau kamu bersekolah, kuliah, atau kerja, lebih baik membawa bekal dan air minum dari rumah. Selain menghemat pengeluaran, makanan dari rumah juga lebih sehat dan aman dikonsumsi. Tak hanya makanan, lebih baik juga membawa air minum dari rumah. Meski harga sebotol air mineral sangat murah, tapi kamu tak akan menyadari berapa banyak uang yang telah kamu keluarkan selama sebulan untuk membelinya di kios.

4. Simpan uang logam

Kamu sering mendapat kembalian uang logam? Jangan dianggap remeh dan ditaruh sembarangan ya. Uang logam itu sangat berharga lho! Uangmu tidak akan genap Rp10 ribu kalau hanya punya Rp9.500 dan tidak memiliki Rp500. Simpan setiap uang logam yang kamu dapat. Tanpa disadari, uangmu bisa bertambah banyak. Uang logam memang penyelamat, deh!

5. Menabung di celengan

Pilih celengan dengan baik. Jangan gunakan celengan yang ada lubang untuk membukanya. Kumpulkan niat untuk benar-benar menabung di celengan yang tertutup rapat. Hal ini akan membantumu menabung dengan baik dan tidak akan bisa mengambil sepersen pun dari tabunganmu sebelum akhirnya penuh.

6. Kurangi jalan-jalan

Kebiasaan satu ini juga harus dikurangi, nih! Jalan-jalan terlalu sering akan membuatmu makin boros. Setiap kali jalan-jalan, kamu bisa mengeluarkan banyak uang untuk hal-hal yang tidak diperlukan.

Kalau saja kamu berhasil mengurangi kebiasaan jalan-jalanmu, maka kondisi keuanganmu juga akan aman! Uangmu tak akan habis dengan cepat, apalagi sia-sia. Apalagi di saat pandemik seperti ini, sepertinya mengerem aktivitas jalan-jalan memang cocok kamu lakukan. Niat dan tekad bulat memang sangat diperlukan kalau benar-benar ingin menghilangkan kebiasaan borosmu. Tunggu apa lagi, yuk realisasikan dari sekarang!

7. Belanja barang diskonan

Kalau kamu mampir ke minimarket atau supermarket, coba lihat ada promo apa yang sedang ditawarkan. Barang promo belum tentu kualitasnya jelek, kok. Bisa jadi barang tersebut memang sedang dipasarkan dengan cara tersebut. Pengeluaranmu juga bisa diminimalisasi kalau kamu membeli barang promo yang benar-benar diperlukan.

Posting Komentar

0 Komentar